Penerbit Alquran, Percetakan Alquran, Alquran terjemah, Alquran tanpa terjemah, Alquran Perkata, Alquran Tajwid, Alquran untuk Wakaf, Grosir Alquran, Alquran Cantik, Alquran Muslimah, Alquran Pelangi
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
19 Juli 2019
Mengenal Ilmu Asbabun Nuzul Alquran
Penjelasan singkat mengenai ilmu asbabun nuzul detail

10 Juli 2019
Al-Quran Penuh dengan Etika serta Sastra, Ini Contoh-contohnya!
Etika dan Sastra dalam Alquran. detail

5 Juli 2019
Mushaf Al-azhar Al-quran Terjemah A5
Review Al-Azhar A5 detail

2 Juli 2019
Mushaf Al-Hikmah Al-Quran Tanpa Terjemah Ukuran A4
Review Mushaf Al-Hikmah Ukuran A4 detail

» index berita
Others
Others
Others

Lalat dan Lebah dalam Alquran


27 Juni 2019

Al-Qur’an acapkali menceritakan tentang binatang ataupun serangga.

Ada riwayat burung gagak yang mengajarkan cara menguburkan mayat.

Ada cerita semut dan burung hud hud yang berinteraksi dengan Nabi Sulaiman as.

Ada kisah anjing yang sangat setia menemani majikannya di ashabul kahfi. Dan masih banyak cerita-cerita binatang lainnya.

Penerbit Alquran akan membahas kisah tentang lebah serta lalat dalam Al-Qur’an. Keduanya termasuk jenis serangga, namun keduanya mempunyai perbedaan yang berkebalikan.

Allah memberikan ilham dan bimbingan, seperti dalam firman-Nya,

وَأَوۡحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحۡلِ أَنِ ٱتَّخِذِي مِنَ ٱلۡجِبَالِ بُيُوتٗا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعۡرِشُونَ – ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسۡلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلٗاۚ يَخۡرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٞ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٞ لِّلنَّاسِۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ

Dan Rabb-mu mengilhamkan pada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia, makanlah dari segala (macam) buah-buahan (bunga) lalu tempuhlah jalan Rabb-mu yang telah mudah (bagimu).” Maka dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang berwarna-warni, di dalamnya mengandung obat penyembuh bagi manusia. Sungguh yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.” (QS.An-Nahl:68)

Disisi lain, Allah tidak memberikan bimbingan ataupun perintah kepada lalat. Yang menyebabkan kehidupan kedua serangga jauh berbeda. Kehidupan lebah mengikuti kodrat-Nya. Lebah tidak akan makan kecuali yang baik dan lebah tidak menghasilkan sesuatu melainkan yang baik saja.

“Dari perut lebah kemudian keluar minuman (madu) yang berwarna-warni, di dalamnya mengandung obat penyembuh bagi manusia.”

Kita liat dalam kehidupan sehari-hari pun lebah bergotong-royong dengan indah. Mereka saling menjaga, membantu dan bekerja sama utamanya ketika membentuk sarang madu.

Sarang madu menyimpan hal-hal yang mengagumkan. Ada ratu lebah, ada yang menjaga sarang, yang bertugas membersihkan dan  yang bertugas mengeluarkan madu. Sebuah koloni yang kompak dan sempurna! Semua itu terjadi karena lebah dibimbing oleh  ketentuan Allah.

Lain hal nya dengan lalat. (Walaupun kita yakini semua makhluk Allah memiliki hikmah tertentu). Namun faktanya lalat hidup di tempat yang kotor dan juga menyebarkan penyakit. Mereka hidup sendiri tak ada saling membantu untuk saling gotong royong.

Allah menjadikan lalat Al-Qur’an berbicara tentang lalat, Allah hanya menjadikannya sebuah perumpaan, seperti dalam firman-Nya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٞ فَٱسۡتَمِعُواْ لَهُۥٓۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ تَدۡعُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ لَن يَخۡلُقُواْ ذُبَابٗا وَلَوِ ٱجۡتَمَعُواْ لَهُۥۖ وَإِن يَسۡلُبۡهُمُ ٱلذُّبَابُ شَيۡـٔٗا لَّا يَسۡتَنقِذُوهُ مِنۡهُۚ ضَعُفَ ٱلطَّالِبُ وَٱلۡمَطۡلُوبُ

“Wahai manusia! Telah kami buat suatu perumpamaan. Maka perhatikanlah! sungguh segala yang kamu seru selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak akan dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemahnya yang menyembah dan yang disembah.” (QS.Al-Hajj:73)

Dalam ayat ini disebutkan bahwa lalat itu biasa merebut, mengambil ataupun merusak sesuatu. Lalat tidak pernah memberi sesuatu!

Maka pelajaran dari dua serangga ini adalah:

  • Ketika kita mengikuti semua perintah dan ketentuan Allah maka hidup akan indah sebagaimana perumpaan lebah tadi.
  • Rasulullah saw pun mengupamakan seorang mukmin itu bagaikan lebah. Tidak akan makan kecuali yang baik-baik dan tidak mengeluarkan sesuatu kecuali yang baik-baik.
  • Dan sebaliknya yang tidak mau mengikuti ketentuan Allah maka dia akan menyusahkan dirinya sendiri juga menyusahkan hidup orang lain.

Silahkan memilih kehidupan seperti lebah atau lalat? Semoga bermanfaat.



Baca juga
  » 19 Juli 2019
Mengenal Ilmu Asbabun Nuzul Alquran
Penjelasan singkat mengenai ilmu asbabun nuzul

  » 10 Juli 2019
Al-Quran Penuh dengan Etika serta Sastra, Ini Contoh-contohnya!
Etika dan Sastra dalam Alquran.

  » 5 Juli 2019
Mushaf Al-azhar Al-quran Terjemah A5
Review Al-Azhar A5

  » 2 Juli 2019
Mushaf Al-Hikmah Al-Quran Tanpa Terjemah Ukuran A4
Review Mushaf Al-Hikmah Ukuran A4

  » 21 Juni 2019
5 Cara atau Tahapan Mencintai Al-Quran
Apa yang mesti kita lakukan supaya mencintai Alquran?

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.